Golongan Dan Pangkat Pns



Daftar Gaji Pns Berdasarkan Golongan Sesuai Pp No 15 Tahun

Kenali Jenis Pangkat, Golongan dan Ruang PNS Sebelum Jadi PNS - Blog

Pegawai Negeri Sipil atau PNS adalah salah satu jenis pekerjaan yang banyak diinginkan masyarakat Indonesia. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pola pikir ini. Faktor pertama adalah gaji tetap dengan besaran yang tergolong cukup untuk menghidupi keluarga. Dengan satu orang PNS saja misalnya ayah atau ibu, maka di rumah dengan standar hidup sederhana kebutuhan keluarga hingga pendidikan tinggi bisa terpenuhi.

Faktor kedua adalah uang pensiun. Karena pengabdiannya pada negara, setelah pensiun PNS akan memperoleh sejumlah uang sebagai penghargaan dan jaminan masa tua. Kedua faktor ini sangat banyak memicu masyarakat untuk menyekolahkan putra putri mereka hingga menjadi PNS. Tentunya pemikiran ini tidak salah meskipun saat ini banyak orang yang lebih ingin bekerja di BUMN dengan gaji tinggi atau berwirausaha yang omzetnya bisa sangat besar.

Baca Juga: Penuhi syarat ini dalam membuat BPJS Kesehatan Karyawan Perusahaan Anda

Namun, perlu diketahui bahwa menjadi PNS tidak semudah membalikkan telapak tangan. Sejak tes CPNS hingga kenaikan pangkat ada prosedur sistematik yang tidak mudah. Jika kompetensinya kurang maka bisa jadi ada masalah ke depannya. Hal ini berkaitan dengan pangkat golongan PNS dan kenaikan gaji atau tunjangan.

Jenis Golongan PNS

Lalu, sebelum jadi PNS bagaimana penjelasan tentang jenis pangkat, golongan dan ruang tersebut? Dimulai dari golongan pertama adalah Golongan I. Golongan I terdiri atas 4 pangkat yaitu Juru Muda I a, Juru Muda Tingkat I I b, Juru I c, dan Juru Tingkat I I d.

Golongan II juga terdiri atas 4 pangkat antara lain Pengatur Muda II a, Pengatur Muda Tingkat I II b, Pengatur II c, dan Pengatur Tingkat I II d. Sedangkan untuk Golongan III jabatannya antara lain Penata Muda III a, Penata Muda Tingkat I III b, Penata III c, dan Penata Tingkat I III d.

Golongan yang terakhir dan paling atas adalah Golongan IV dengan 5 jabatan antara lain Pembina IV a, Pembina Tingkat I IV b, Pembina Utama Muda IV c, Pembina Utama Madya IV d, dan Pembina Utama IV e.

Pangkat golongan PNS tersebut diambil pertama kali dari ijazah terakhir. Setelah itu, sesuai dari mana startnya, seorang PNS yang mengabdi akan mendapat kenaikan gaji. Setelah kenaikan gaji beberapa periode baru diberikan kenaikan pangkat. Untuk mengurus kenaikan pangkat harus ada beberapa dokumen yang dikumpulkan ke Badan Kepegawaian Daerah atau BKD setempat sesuai aturan.

Baca Juga : Ini Dia 9 Modul yang Harus Ada Di Software HRD

Mekanisme Kenaikan Pangkat dan Golongan

Dokumen apa saja yang perlu dikumpulkan sebagai syarat kenaikan pangkat golongan PNS? Beberapa data yang perlu diberikan antara lain portofolio, keaktifan, nilai individu, nilai dari pengawas atau pejabat yang ada di atasnya, dan beberapa data online sesuai dengan aplikasi yang berlaku pada saat itu.

Hubungan ijazah terakhir dengan penerimaan golongan pertama seorang PNS sangat erat. Seorang CPNS dengan ijazah terakhir SMA akan mendapatkan jabatan minimal sebagai Pengatur Muda II/a dan maksimal sebagai Penata Muda Tk. I III/b. Sedangkan jika ijazahnya DIII maka jabatan terendah adalah Pengatur II/c dan jabatan terendah adalah Penata III/c.

Sedangkan untuk pangkat golongan PNS yang input ijazah terakhirnya S1 maka paling rendah mendapat jabatan Penata Muda III/a dan paling tinggi adalah Penata Muda III/d. Terakhir, jika ijazah terakhir seseorang adalah S2 maka jabatan paling rendahnya adalah Penata Muda Tk. I III/b dan jabatan paling tinggi adalah Pembina IV/a. Jabatan tersebut merupakan input awal yang kemudian bisa dinaikkan melalui prosedur dan masa bakti.

Anda bisa melihat dengan jelas mengenai Pangkat dan golongan PNS melalui PP No 99 Tahun 2000 Tentang Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil.

Gallery Golongan Dan Pangkat Pns

Pegawai Negeri Sipil Peluang Dan Tantangan Ppt Download

Berikut Daftar Pangkat Golongan Pns Terbaru 2019

Cara Cek Nip Pangkat Dan Kenaikan Pangkat Pns Di Bkn

Pangkat Pns Asn Kalimantan Utara Golongan 2a 2b 2c 2d

Juklak Kenaikan Golongan Pns

Mengenal Urutan Pangkat Golongan Pns

Daftar Golongan Dan Pangkat Pns Per Tahun 2013 Di Pupns Sd

Jabatan Pangkat Golongan Pns Guru Terbaru Info Gtk

Struktur Golongan Dan Pangkat Pns Guru Pembelajar Gala Media

Daftar Urutan Pangkat Dan Golongan Dosen Docx Document

Daftar Nama Kenaikan Pangkat Resmi Bkn Semua Golongan

Sop Pelayanan Kenaikan Pangkat Bkpsdmd Kota Makassar

Usul Kenaikan Pangkat Pns Periode 01 Bkd Kabupaten Nias

Mengenal Tanda Pangkat Pns Asn Terbaru Tozsugianto

Urutan Pangkat Golongan Pns Dan Tingkatan Jabatannya Bentuk

Pangkat Pns Golongan 4a

Cek Nip Pns Online Profil Pns Bkn Pangkat Golongan For

Pangkat Gol

Daftar Gaji Pns Berdasarkan Golongan Sesuai Pp No 15 Tahun

Golongan Iv B Pangkat

Daftar Urutan Pangkat Dan Golongan

Jenjang Pangkat Pns Semua Jabatan Golongan 2020

Ppt Jenjang Pangkat Dan Golongan Ruang Pegawai Negeri Sipil

Pangkat Golongan Dan Jabatan Pns 2019 Makin Mantap

Daftar Kenaikan Pangkat Pns Sesuai Golongan Dari Bkn Terbaru


Comments