Macam Macam Virus Komputer



Macam Macam Jenis Virus Komputer Pc Blogx

Macam-Macam Kriteria Virus Komputer

Suatu program dapt di sebut sebagai suatu virus apabila memenuhi minimal 5 (lima) kriteria berikut :
1. Kemampuan untuk mendapatkan informasi
2. Kemampuan untuk memeriksa suatu file atau program
3. Kemampuan untuk menggandakan diri dan menularkan diri
4. Kemampuan melakukan manipulasi
5. Kemampuan untuk menyembunyikan diri.
Disini saya aka menjelaskan apa yang di maksud dari tiap - tiap kemampuan yang telah di sebutkan di atas, dan mengapa ini sangat diperlukan
1. Kemampuan Untuk Mendapatkan Informasi
Pada umumnya suatu virus memerlukan daftar nama - nama file yang ada dalam suatu directory, karena dia dapat memperoleh daftar file yang bisa dia tulari. Misalnya virus mskro yang akan menginfeksi semua file data Microsoft Word, akan mencari daftar file berekstensi *.doc. Disinilah kemampuan mengumpulkan informasi itu diperlukan agar virus dapat membuat daftar atau data semua file, lalu memilahnya mencari file-file yang bisa untuk di tulari. Biasanya data ini terbentuk saat file yang tertular atau terinfeksi virus atau file program virus itu sendiri dibuka oleh user atau pengguna komputer. Virus tersebut akan segera melakukan pengumpulan data dan biasanya menaruhnya di RAM, sehingga apabila komputer dimatikan semua data hilang. Tetapi data - data ini akan tercipta kembali setiap kali virus itu di aktifkan. Biasanya data - data ini di simpan juga sebagai hidden file oleh virus tersebut.
2. Kemampuan Memeriksa Suatu File atau Program
Suatu virus juga harus bisa memerksa suatu file yang akan ditulari, misalnya virus tersebut dapat menulari program berektensi *.doc, maka virus tersebut harus memeriksa apakah file dokumen tersebut telah terinfeksi ataupun belum, karena jika sudah akan percuma untuk menularinya lagi. Ini sangat barguna untuk meningkatkan kemampuan suatu virus dalam hal kecepatan menginfeksi suatu file atau program. Yang umum dilakukan oleh virus adalah memiliki atau memberi tanda pada file atau program yang telah terinfeksi sehingga mudah untuk dikenali oleh virus tersebut. Contoh penandaan adalah misalnya memberikan suatu byte yang unik di setiap file yang telah terinfeksi.
3. Kemampuan Untuk Menggandakan Diri dan Menularkan Diri
Virus dapat menggandakan diri yaitu dengan cara menulari file lainnya. Suatu virus apabila telah menemukan calon dua korbannya maka ia akan mengenalinya dangan memeriksanya. Jika belum terinfeksi maka virus akan memulai aksi penularannya dengan cara menuliskan byte pengenal pada file tersebut, dan kemudian mengcopykan atau menulis kode objek virus diatas file sasaran. File yang akan ditulari kemudian akan menghapus atau diubah namanya, kemudian diciptakan suatu file berisi program virus itu sendiri menggunakan nama file yang asli. Program virus yang sudah di eksekusi ke memori akan langsung menulari file-file lain dengan cara menumpangi seluruh file yang ada.
4. Kemampuan Melakukan Manipulasi
Rutin yang dimiliki suatu virus akan menjalankan setelah virus menulari suatu file. Isi dari suatu rutin ini dapat beragam, mulai dari yang tidak berbahaya sampai yang melakukan perusakan. Rutin ini umumnya digunakan untuk memanipulasi file ataupun mempopulerkan pembuatnya. Rutin ini memanfaatkan kemampuan diri suatu sistem operasi (Operating System), sehingga memililki kemampuan yang sama dengan yang dimiliki sistem operasi
5. Kemampuan untuk Menyembunyikan Diri
Kemampuan menyembunyikan diri ini harus dimiliki oleh suatu virus agar semua pekerjaan baik dari awal sampai berhasilnya penularan terlaksana. Langkah - langkah yang biasa di lakukan yaitu program virus disimpan dalam bentuk kode mesin dan digabung dengan program lain yang di anggap berguna bagi pemakai. Program virus di letakkan pada boot record atau track pada disk yang jarang di perhatikan oelh komputer itu sendiri. Program virus dibuat sependek mungkin, dan hasil file yang terinfeksi tidak terlalu berubah ukurannya, kemudian virus juga tidak merubah keterangan atau informasi waktu suatu file, dan lain sebagainya.

Gallery Macam Macam Virus Komputer

Macam Macam Virus Komputer Yang Berbahaya Anak Geek Wajib

Pengertian Dan Jenis Jenis Virus Pada Komputer It Jurnal Com

Free Computer Virus Clipart Download Free Clip Art Free

Dajic Pc Antivirus Software Windows 10

21 Best Kali Linux Tools For Hacking And Penetration Testing

Top 15 Paid And Free Vulnerability Scanner Tools 2020

Windows 8 How To Disable Anti Virus Software Windows Defender

Macam Macam Anti Virus Untuk Komputer Komputer Dari

Macam Macam Virus Komputer Si Nyubi

Nama Nama Virus Pada Komputer Jagad Id

15 Antivirus Terbaik Pc Di Tahun 2019 Link Download

Macam Jenis Nama Virus Komputer Dan Cara Mengatasinya

Blog Archives Multiprogramimage

Role Of The Intestinal Immune System In Health Springerlink

Free Computer Virus Clipart Download Free Clip Art Free

6 Jenis Virus Komputer Dan Cara Mengatasinya Blog Dewaweb

Ke 4 Viruses And Other Wild Life

Macam Macam Virus Komputer Yang Berbahaya Anak Geek Wajib

Nokia 3310 User Guide Nokia Phones

Universitas Bina Sarana Informatika Tegal On Twitter Macam

Hati Hati 5 Jenis Virus Komputer Paling Berbahaya

Macam Jenis Nama Virus Komputer Dan Cara Mengatasinya

5 Macam Jenisvirus Komputer Bereserta Penjelasannya Lengkap

Free Computer Virus Clipart Download Free Clip Art Free

Blog Archives Finmultiprogram


Comments