Alat Alat Laboratorium Kimia Dan Fungsinya Beserta Gambarnya Pdf



Mengenal Beberapa Alat Laboratorium Dan Penjelasannya

Alat-Alat Laboratorium dengan Fungsi dan Gambarnya

Alat Alat Laboratorium – Laboratorium adalah tempat dengan segala aktivitas ilmiah, yang didalamnya terdapat riset, eksperimen, dan percobaan. Ada beberapa macam laboratorium yaitu laboratorium fisika, laboratorium kimia dll.

Alat Alat Laboratorium  disetiap laboratorium ada umunya sama tetapi ada pula yang berbeda. Semua Alat Alat Laboratorium memiliki jenis peralatan khas sendiri yang sesuai dengan fungsinya dan kegunaannya. Alat Alat Laboratorium kimia dan biologi. Mereka mempunyai alat khasnya. Diantaranya Alat Alat Laboratorium kimia meliputi : Gelas Beaker, Gelas ukur, tabung reaksi, Tabung Erlenmeyer, labu ukur, dan pipet tetes. Dan alat Alat Alat Laboratorium Biologi meliputi : Mikroskop, Preprat, Kaca Arlogi, Kaca pembesar atau (lup), stetoscope, thermometer, dll.

Alat Alat Laboratorium  memiliki peran penting dalam proses eksperimen di laboratorium, proses tersebut dapat  berlangsung sempurna maka dibutuhkan Alat Alat Laboratorium yang lengkap dan berkualitas tinggi. Berikut  ini adalah beberapa Alat Alat Laboratorium dan fungsi beserta gambarnya yang perlu untuk Anda diketahui.

  1. Alat Alat Laboratorium | Gelas Ukur

Alat Alat Laboratorium – Gelas ukur adalah Alat Alat Laboratorium untuk mengukur volume larutan. Gelas ukur memiliki volume bervariasi mulai dari volume 10mL sampai 2L. Gelas ukur memiliki bentuk pipa dan pada dasarnya terbuat dari plastik(polipropilen) yang disertai dengan bagian bawah yang cukup lebar untuk pijkan menjaga kestabilan gelas ukur saat berdiri.

  1. Alat Alat Laboratorium | Tabung Reaksi

Alat Alat Laboratorium – Tabung reaksi adalah  gelas yang terbuat dari kaca atau plastik, Fungsi dari tabung reaksi untuk menampung, mencampur, dan memanaskan bahan-bahan kimia cair atau padat, Tabung reaksi ini dibuat dalam berbagai macam ukuran, umumnya ukuran yang sering diapakai berdiameter 10-20 dengan panjang 50-200 mm. Utamanya Tabung reaksi untuk uji kualitatif. Selain berukuran kecil ada juga Tabung reaksi yang memiliki ukuran besar. Alat tersebut dinamakan “Labu didih”.

  1. Alat- Alat Laboratorium | Labu Erlenmeyer

Alat- Alat Laboratorium – Labu Erlenmeyer nama tersebut diambil dari nama “Emil Erlenmeyer” seorang kimiawan asal jerman. Labu ini merupakan jenis labu laboratorium berbentuk kerucut dengan leher silinder dan bagian dasar berbentuk datar. Umumnya erlenmeyer terbuat dari kaca borosilikat sehingga tahan ketika dipanaskan. Ukuran labu erlenmeyer bervariasi mulai dari 50 – 500 ml.

Fungsi labu erlenmeyer adalah untuk menyimpan cairan dan sering digunakan untuk mencampur, mengukur. Dalam laboratorium mikrobiologi alat lab ini digunakan untuk membantu proses pengembangbiakan mikroba.

4. Alat Alat Lab | Gelas Beaker atau Gelas Piala

Gelas yang sering disebut gelas piala dan gelas kimia ini adalah alat laboratorium yang berfungsi sebagai penampung. Alat berbentuk silinder dengan alas datar ini, biasa digunakan untuk bahan kimia dengan sifat korosif yang terbuat dari PPTE. Dan untuk mencegah terjadinya kontaminasi atau hilangnya cairan, gelas ini biasa dipasangkan dengan gelas arloji sebagai penutup.

Terdapat beberapa ukuran untuk gelas ini, mulai dari 25 mL hingga 3 L. Gelas beaker terbuat dari bahan borosilikat atau plastik.

5. Alat Laboratorium Kimia | Labu Ukur

Alat Laboratorium Kimia – Labu ukur atau disebut juga Volumetric Flask, alat ini terbuat dari kaca, labu ukur ini berwarna transparan, sehingga sangat memudahkan pemantauan. Namun, ada pula yang berwarna gelap serta dilengkapi dengan penutup yang tahan terhadap bahan dan reaksi kimia, alat ini berfungsi untuk mengencerkan larutan hingga mencapai volume tertentu. Alat yang  berbentuk labu ini juga bisa digunakan untuk menyisakan larutan kimia analitik dengan konsentrasi dan jumlah yang berakurasi tinggi.

Keakuratan yang tinggi ini dikarenakan oleh bagian lehernya yang terdapat sebuah lingkaran gradasi, volume, toleransi, suhu kalibrasi dan kelas gelas. Pada lehernya juga terdapat tanda batas yang menunjukkan ukuran volume, mulai 1 mL hingga 2 L.

6. Alat Laboratorium | Pipet Tetes

Pipet digunakan untuk memindahkan volume cairan dengan kapasitas tertentu. Pipet ini terbagi beberapa jenis tergantung bentuk, fungsi, dan tingkat ketelitian yang berbeda. Macam-macam pipet diantaranya yaitu; Pipet tetes, pipet ukur dan pipet volume:

Pipet tetes mampu memindahkan cairan dalam jumlah yang sangat kecil yaitu berupa tetesan. Hal ini dikarenakan bentuk dari pipet ini yang berupa pipa kecil yang ditutupi dengan karet di bagian atasnya.

7. Peralatan Laboratorium | Pipet Ukur

Fungsi Pipet ukur yaitu memindahkan larutan secara terukur sesuai dengan volume. Pada pipet ini termasuk terdapat skala yang menunjukan volume tersebut. Ukuran volume terbesat pipet ukur sendiri adalah 50 ml.

  1. Alat Ukur Lab | Pipet Volume / Gondok

Pipet gondok atau pipet volume. Berbeda dengan pipet tetes, pipet volume memiliki ukuran yang lebih besar sehingga mampu memindahkan cairan dari wadah ke wadah. Peralatan laboratorium ini merupakan alat ukur kuantitatif dengan tingkat ketelitian tinggi.

Pipet volume memiliki bagian menggelembung ditengahnya. Fungsinya adalah untuk mengambil larutan dengan volume yang tepat dan sesuai dengan label yang tertera pada bagian yang menggelembung tersebut.

9. Alat – Alat Laboratorium | Labu Destilasi

Fungsi destilasi atau penyulingan adalah memisahkan suatu larutan ke dalam masing masing komponennya. Bisa juga didefinisikan sebagai suatu metode pemisahan bahan kimia berdasarkan perbedaan kecepatan dan volatilitas atau kemudahan menguap.

Labu destilas digunakan untuk menampung zat-zat, utamanya zat yang memiliki titik lebih tinggi ketika proses destilasi. Alat yang ada di laboratorium kimia ini mempunyai pipa yang mengarah kesisi. Pipa tersebut nantinya disambungkan pada gelas pendingin pada saat digunakan untuk destilasi.

10. Alat Lab Kimia | Kondensor

Condesor adalah alat laboratorium yang memiliki fungsi untuk mendinginkan cairan panas dan mengembunkan uap. Alat ini memiliki beragam jenis bentuk, dengan di antaranya adalah condesor graham, Vigreux kolom, condesor dimroth (spiral), condesor Liebig (lurus), dan condesor Allihn (bulat).

11. Alat Alat Laboratorium | Corong Pisah

Peralatan laboratorium berbentuk kerucut dengan tutup setengah bola ini biasanya digunakan dalam proses ekstraksi cair. Yaitu proses memisahkankomponen-komponen fase pelarut dengan densitas yang berbeda.

Corong pisah atau corong pemisah memiliki bagian penyumbat di atasnya dan keran dibawahnya. Alat lab kimia ini dibuat dari kaca borosilikat. Sedangkan kerannya terbuat dari teflon ataupun kaca.

  1. Alat Alat Laboratorium | Plat Tetes

Fungsi Plat tetes adalah sebagai penguji keasaman suatu larutan atau mereaksikan larutan . Plat tetes terbuat dari bahan porselen dan umumnya tersedia dalam jumlan 6, 12 dan 16 lubang tetes.

13. Peralatan Laboratorium | Mortar dan Alue (Pestle)

Mortar dan Pestle atau dalam bahasa Indonesia dinamai Lesung dan Alu. Fungsi alat laboratorium ini adalah untuk menghancurkan atau menghaluskan suatu bahan atau zat yang masih bersifat padat atau kristal.

Dalam laboratorium biologi mortar dan alu ini juga digunakan untuk menghancurkan atau menghaluskan bahan – bahan praktek seperti daun, biji-bijian, akar, protein, DNA, RNA dll.

Perlu diketahui juga, Mortal (lesung) adalah bagian wadah sedangkan pestle (alu) adalah bagian batang yang kita pegang.

14. Alat Lab Kimia | Kawat Kasa

Fungsi kawat kasa adalah untuk menahan beaker atau labu ketika proses pemanasan menggunakan pemanas bunsen atau pemanas spiritus. Kawat kasa juga ditopang alat kaki tiga pada bagian bawahnya untuk membuat proses pemanasan berjalan maksimal.

15. Alat Laboratorium | Kawat Nikrom

Fungsi kawat krom adalah untuk mengidentifikasi zat dengan cara uji nyala.

16. Alat Lab | Penjepit Tabung Reaksi

Penjepit tabung reaksi terbuat dari kayu dan digunakan untuk menjepit tabung reaksi disaat proses pemanasan. Atau bisa juga digunakan untuk mengambil kertas saring dan benda-benda lab lain disaat kondisi alat tersebut panas.

17. Alat Laboratorium Kimia | Batang Pengaduk

Batang pengaduk digunakan untuk mengkombinasikan cairan bersama bahan kimia untuk kepentingan praktek di laboratorium. Batang pengaduk biasanya terbuat berasal dari kaca pejal, borosilikat (pyrex). Ukurannya hampir serupa bersama sedotan minuman. Namun sedikit pandang bersama ujung membulat.

Selain untuk mengkombinasikan larutan. Fungsi batang pengaduk juga adalah untuk menolong dekantasi larutan, menginduksi kristalisasi dan memecahkan emulsi pada suatu ekstraksi.

18. Peralatan Lab | Gelas Kaca atau Gelas Arloji

Gelas berbentuk bundar dengan beragam diameter ini memiliki beberapa fungsi, di antaranya: Penutup gelas kimia ketika tengah proses pemanasan sampel (penguapan). Sebagai tempat untuk mengeringkan padatan dalam desikator. Sebagai tempat benda yang tengah berada dalam proses pengamatan dan Sebagai tempat untuk menyimpan bahan yang akan ditimbang.

19. Alat Laboratorium Kimia | Kaki Tiga

Kaki tiga dalam alat laboratorium adalah besi yang mempunyai 3 kaki yang memiliki fungsi sebagai penyangga ring. Fungsi kaki tiga adalah sebagai penahan kawat kasa dan penyangga ketika proses pemanasan.

20. Alat- Alat Laboratorium | Rak Tabung Reaksi

Rak tabung reaksi adalah alat yang umumnya terbuat dari kayu. Ia mempunyai 12 lubang dengan 12 cekungan dibawahnya untuk menyimpan tabung reaksi. Ukuran rak ini sekitar 20 x 10 cm. Pada bagian lainnya, terdapat 6 batang kayu yang berfungsi sebagai tempat tabung reaksi dikeringkan.

Secara ringkas. Fungsi tabung reaksi adalah sebagai tempat menyimpan tabung reaksi, mengeringkan dan menjaga tabung reaksi agar tidak berjamur.

21. Alat Praktek Kimia | Spatula Plastik dan Logam

Kedua jenis spatula ini digunakan untuk mengambil bahan kimia bentuk padatan atau kristal. Untuk mengambil zat zat yang memiliki reaksi pada logam maka digunakan spatula plastik. Sebaliknya. Zat-zat yang tidak memiliki reaksi pada logam, maka digunakan spatula logam.

22. Alat Alat Laboratorium | Buret

Alat dengan bentuk silindris memanjang ini biasanya digunakan untuk titrasi dengan presisi tinggi, atau bisa juga untuk mengukur volume suatu larutan. Alat yang dilengkapi dengan skala pada sisi luarnya ini memang dirancang dengan ketelitian yang sangat tinggi, sehingga cocok digunakan untuk keperluan analisis volumetrik kuantitatif.

Kini, meski dalam perkembangannya telah banyak ditemukan alat titrasi berbasis teknologi, buret masih menjadi alat laboratorium yang selalu digunakan.

23. Peralatan Kimia | Filler

Filler adalah alat yang digunakan untuk menyedot larutan, yang biasanya dipasang pada pangkal pipet. Alat laboratorium ini dilengkapi dengan karet yang resistan terhadap bahan kimia, sehingga dijamin aman dan tidak mudah rusak.

24. Alat Kimia | Pembakar Bunsen

Pembakar bunsen diambil dari nama Robert Bunsen. Fungsi pembakar bunsen adalah untuk pemanasan, pembakaran dan sterilisasi jarum osi atau lainnya.

Pembakar bunsen menghasilkan nyala api gas tunggal terbuka. dan secara maan membakar gas yang mudah terbakar seperti gas alam dan bahan bakar gas cair semisal, propana dan butana atau campuran keduanya.

  1. Alat Lab Kimia | Pembakar Spiritus

Fungsi pembakar spiritus adalah untuk memanasi larutan atau membakar zat proses percobaan kimia.

26. Peralatan Praktek Lab | Desikator

Desikator adalah alat kimia yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan sampel bebas air. Alat ini berbentuk layaknya panci dua susun dengan bagian penutup yang dilapisi vaseline, sehingga akan sulit dibuka dalam keadaan dingin.

Di bagian bawahnya diisi dengan bahan pengering berupa silika gel. Ada dua jenis desikator yang bisa digunakan dalam laboratorium, yaitu desikator biasa dan desikator vakum. Bedanya, pada desikator vakum tersedia katup yang bisa dibuka tutup, serta dihubungkan oleh selang.

27. Alat Penyulingan air| Water Still Iwaki

Fungsi Water Still Iwaki  untuk melakukan destilasi air. Pada water still proses destilasi ini berjalan dalam satu rangkaian alur air (still), artinya air yang digunakan untuk bahan baku juga digunakan sebagai air pendingin untuk kondensor.

Destilasi sendiri adalah proses pemisahan zat-zat berdasarkan perbedaan titik didihnya. komponen zat yang mempunyai titik didik rendah akan menguap terlebih dahulu. Sementara yang memiliki titik didih lebih tinggi akan tetap tertampung dalam labu destilasi.

28. Alat Laboratorium | Oven Climatic Chamber

Climatic Chamber digunakan untuk menguji stabilitas bahan/zat aktif/eksipien maupun sediaan farmasi bisa berupa  sediaan solid (tablet, granul, serbuk, kapsul), semi solid (salep, krim, gel, pasta, suppositoria) maupun sediaan liquid (larutan, emulsi, suspensi, dll) yang disimpan dalam kondisi RH, suhu dan waktu tertentu. Climatic Chamber bisanya digunakan untuk menguji stabilitas yang dipercepat (accelerated test), misalnya uji dinaikkan suhu penyimpanannya (misal pada suhu 40, 50, 60 derajat C), atau RH yang dinaikkan (misal 75%), uji dengan paparan cahaya (photolysis) atau kombinasi ketiganya.

29. Alat Laboratorium | Incubator

Incubator adalah alat yang digunakan untuk tumbuh dan memelihara budaya mikrobiologi atau kultur sel. Inkubator mempertahankan suhu optimal, kelembaban dan kondisi lain seperti karbon dioksida (CO2) dan kandungan oksigen dari atmosfer di dalam. Inkubator sangat penting untuk banyak pekerjaan eksperimental dalam biologi sel, mikrobiologi dan biologi molekuler dan digunakan untuk kultur bakteri baik serta sel eukariotik.

30. Alat Laboratorium | Mikroskop

Mikroskop merupakan  alat bantu untuk melihat objek/benda yang sangat kecil, yang tidak bisa di lihat oleh kasat mata, alat ini mirip dengan kaca pembesar. mikroskop ini dapat di temui hampir di semua laboratorium dan berguna untuk melihat objek yang sangat kecil. Ilmu yang mempelajari seputar benda kecil dan mengamati dengan mikroskop di sebut mikroskopi.

Mikroskop di bagi menjadi dua, yaitu miksroskop cahaya dan mikroskop elektron. dan mikroskop cahaya di bagi menjadi dua yaitu mikroskop diseksi untuk mengamati bagian permukaan dan mikroskop monokuler dan binokuler untuk mengamati bagian dalam sel.

Mikroskop monokuler merupakan mikroskop yang hanya memiliki 1 lensa okuler dan binokuler memiliki 2 lensa okuler. Berdasarkan kerumitan kegiatan pengamatan yang dilakukan, mikroskop dibagi menjadi 2 bagian, yaitu mikroskop sederhana (yang umumnya digunakan pelajar) dan mikroskop riset (mikroskop dark-field, fluoresens, fase kontras, Nomarski DIC, dan konfokal).

31. Alat Laboratorium | Preparat – Mikroskop

Mash ada hubungannya dengan mikroskop Preparat adalah salah satu alat yang digunakan di mikroskop untuk melihat struktur atau bagian-bagian dari makhluk hidup yang tidak terlihat oleh mata kita.

Biasanya Struktur atau sel makhluk hidup yang tidak dapat telihat di tempelkan di atas preparat kemudian kita taruh di meja mikroskop.

Jenis preparat terbagi menjadi 3 yaitu :

  1. Preparat Biologi
  2. Preparat Zoologi
  3. Preparat Botani

32. Alat laboratorium | Timbangan Laboratoium (Analytical Blance)

Analitycal Balance adalah suatu alat yang berfungsi untuk mengukur berat suatu benda  dengan akurasi tertentu, dipasaran banyak sekali berbagai macam type balance diantaranya, analytical balance,electronic balance,laboratory balance,precision balance  dan masih banyak lagi.

Analytical Balance disebut juga Timbangan Analitik Selain untuk kebutuhan laboratorium analytical balance juga dapat digunakan untuk beberapa kebutuhan industri khusunya industry farmasi, karna perhitunganya yang presisi dan keakuratan data terjamin sehingga akan lebih akurat dalam pengumpulan datanya.

33. Alat Laboratorium | Water Quality Checker

Water Quality Checker adalah salah satu alat yang berfungsi untuk mengukur kualitas air secara handal,produk ini memungkinkan mengukur dan mununjukan hasil monitoring dengan secara bersamaan hingga 11 parameter dengan satu unit.

34. Alat Laboratorium | Gloves Silicone

Gloves Silicone adalah sarung tangan yang terbuat dari silicone, sarung tangan ini tahan panas dan digunakan untuk memegang peralatan gelas kimia yang panas atau gelas kimia yang mempunyai resiko terjadinya reaksi kimmia yang suatu saat dapat membahayakan pengguna.

35. Alat laboratorium | Thermometer

Fungsi Termometer adalah untuk mengukur suhu (temperatur), ataupun perubahan suhu. Prinsip kerja termometer ada bermacam-macam, yang paling umum digunakan adalah termometer air raksa.

Gallery Alat Alat Laboratorium Kimia Dan Fungsinya Beserta Gambarnya Pdf

9000 Gambar Gelas Ukur Dan Tabung Reaksi Hd Paling Baru

Doc Gambar Alat Farmasi Dan Fungsinya Docx Saras Rahman

Alat Lab Beserta Fungsinya Kimia Docx Document

Fungi

Pengenalan Alatalat Laboratorium Ppt Powerpoint

Jenis Timbangan Gambar Bagian Bagian Dan Fungsinya Lengkap 2020

Daftar Alat Alat Laboratorium Yang Perlu Anda Ketahui

Alat Alat Kimia Dan Fungsinya Doc

Alat Laboratorium Dochub

Alat Alat Laboratorium Praktikum Biologi

33 Alat Alat Laboratorium Kimia Beserta Fungsi Dan

Alat Alat Laboratorium Kimia Youtube

I Pendahuluan Ilmu Pengetahuan Alam Ipa Berkaitan Dengan

Penataan Pemeliharaan Dan Penggunaan Alat Laboratorium Ipa

50 Macam Alat Laboratorium Dan Fungsinya Beserta Gambar

Alat Alat Kimia Beserta Kegunannya

Apa Itu Tabung Reaksi Dan Fungsi Tabung Reaksi Kompasiana Com

Makalah Kimia Pengenalan Alat Alat Di Laboratorium Kimia

50 Macam Alat Laboratorium Dan Fungsinya Beserta Gambar

Untitled

Makalah Kimia Pengenalan Alat Alat Di Laboratorium Kimia

Alat Alat Laboratorium Kimia Hatopikchem

33 Alat Alat Laboratorium Kimia Beserta Fungsi Dan

30 Alat Alat Laboratorium Beserta Fungsinya Gambar

Pengenalan Alat Alat Laboratorium Kimia Beserta Fungsinya


Comments