Pengertian Perilaku Konsumen Makalah Teori Jurnal
Keputusan Pembelian
Keputusan dalam arti yang umum adalah "a decision is the selection of an option from two or more alternative choices" yaitu suatu keputusan seseorang dimana dia memilih salah satu dari beberapa alternatif pilihan yang ada. Definisi keputusan pembelian menurut Nugroho (2003:38) adalah proses pengintegrasian yang mengkombinasi sikap pengetahuan untuk mengevaluasi dua atau lebih perilaku alternatif, dan memilih salah satu diantaranya. Berdasarkan pendapat para ahli diatas maka dapat disampaikan bahwa keputusan pembelian adalah suatu keputusan seseorang dimana dia memilih salah satu dari beberapa alternatif pilihan yang ada dan proses integrasi yang mengkombinasi sikap pengetahuan untuk mengevaluasi dua atau lebih perilaku alternatif dan memilih salah satu diantaranya. Keputusan Pembelian Proses Keputusan Pembelian
Proses keputusan konsumen bukanlah berakhir dengan pembelian, namun berlanjut hingga pembelian tersebut menjadi pengalaman bagi konsumen dalam menggunakan produk yang dibeli tersebut. Pengalaman itu akan menjadi bahan pertimbangan untuk pengambilan keputusan pembelian di masa depan (Ma’ruf, 2005:14). Menurut Kotler (2005:223) tahap evaluasi alternatif dan keputusan pembelian terdapat minat membeli awal, yang mengukur kecenderungan pelanggan untuk melakukan suatu tindakan tertentu terhadap produk secara keseluruhan. Para ahli telah merumuskan proses pengambilan keputusan model lima tahap, meliputi: a. Pengenalan masalah
Proses pembelian dimulai saat pembeli mengenali masalah atau kebutuhan, yang dipicu oleh rangsangan internal atau eksternal. Rangsangan internal misalnya dorongan memenuhi rasa lapar, haus dan seks yang mencapai ambang batas tertentu. Sedangkan rangsangan eksternal misalnya seseorang melewati toko kue dan melihat roti yang segar dan hangat sehingga terangsang rasa laparnya. b. Pencarian informasi
Konsumen yang terangsang kebutuhannya akan terdorong untuk mencari informasi yang lebih banyak. Sumber informasi konsumen yaitu:
c. Evaluasi alternatif
Konsumen memiliki sikap beragam dalam memandang atribut yang relevan dan penting menurut manfaat yang mereka cari. Kumpulan keyakinan atas merek tertentu membentuk citra merek, yang disaring melalui dampak persepsi selektif, distorsi selektif dan ingatan selektif. d. Keputusan pembelian
Dalam tahap evaluasi, para konsumen membentuk preferensi atas merek-merek yang ada di dalam kumpulan pilihan. Faktor sikap orang lain dan situasi yang tidak dapat diantisipasi yang dapat mengubah niat pembelian termasuk faktor-faktor penghambat pembelian. Dalam melaksanakan niat pembelian, konsumen dapat membuat lima sub-keputusan pembelian, yaitu: keputusan merek, keputusan pemasok, keputusan kuantitas, keputusan waktu dan keputusan metode pembayaran. e. Perilaku pasca pembelian
Para pemasar harus memantau kepuasan pasca pembelian, tindakan pasca pembelian dan pemakaian produk pasca pembelian, yang tujuan utamanya adalah agar konsumen melakukan pembelian ulang. Peran Dalam Pembelian
Ali Hasan (2008:138) menjelaskan bahwa faktor pendorong yang sangat kuat dalam pengambil keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh sejumlah orang memiliki keterlibatan dalam keputusan pembelian. Dan orang yang memiliki keterlibatan dalam keputusan pembelian adalah sebagai berikut :
Daftar Pustaka
Gallery Keputusan Pembelian Menurut Para Ahli
Pdf Hubungan Antara Citra Merek Dan Loyalitas Merek Dengan
Pasar Konsumen Dan Tingkah Laku Pembeli
Pengertian Keputusan Pembelian Menurut Para Ahli
Bab Ii Kajian Pustaka Kerangka Pemikiran Dan Hipotesis
Definisi Perilaku Konsumen Pdf Acappellapsych
Keputusan Pembelian Kajianpustaka Com
Manajemen Pemasaran Forum Kajian Ilmu
Pengertian Perilaku Konsumen Makalah Teori Jurnal
Hubungan Gaya Hidup Dan Konsep Diri Dengan Keputusan
Bab Ii Kajian Pustaka Kerangka Pemikiran Dan Ii Pdf
Bab Ii Tinjauan Teoritis A Keputusan Pembelian Akan
Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan
Artikel Pengambilan Keputusan Konsumen
Pengertian Dan Model Perilaku Konsumen Pendidikan Ekonomi
Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Gaya Hidupterhadap
Konsentrasi Manajemen Keputusan Pembelian
Keputusan Pembelian Hestanto Personal Website
Manajemen Pemasaran Atribut Produk Docx
Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk
Konsentrasi Manajemen Keputusan Pembelian
Pengaruh Persepsi Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan
Menganalisis Pasar Konsumen Www Risnisariakt Wordpress Com
Pdf Pengaruh Harga Dan Mutu Terhadap Keputusan Pembelian
11 Bab Ii Tinjauan Teoritis A Keputusan Pembelian 1
Pengaruh Kepercayaan Keamanan Kualitas Pelayanan Dan
Comments
Post a Comment