Badan Gatal Gatal Bentol Tanpa Sebab



Solusi Badan Gatal Gatal Tanpa Sebab

Kulit Gatal Tanpa Sebab? Mungkin Anda Sedang Stres • Hello Sehat

Kulit gatal adalah masalah yang cukup sering ditemui. Penyebabnya pun bermacam-macam, mulai dari alergi, gigitan serangga, atau kulit kering. Namun, kulit gatal bisa muncul tiba-tiba tanpa alasan yang jelas. Ketika hal ini terjadi, Anda pun hanya bisa bertanya-tanya apa yang menjadi penyebabnya. Namun, tahukah Anda bahwa Anda bisa kulit Anda bisa gatal karena stres atau cemas berlebihan? Tanpa Anda sadari, gatal yang sangat mengganggu itu ternyata berakar pada pikiran Anda sendiri. Apakah selama ini gatal yang Anda rasakan disebabkan oleh stres atau kebanyakan pikiran? Simak terus informasi di bawah ini untuk mencari tahu jawabannya.

Bagaimana stres menyebabkan gatal-gatal?

Saat Anda sedang dilanda stres, tubuh akan bereaksi. Stres merangsang reaksi kimia dalam tubuh yang membuat kulit Anda jadi lebih peka. Selain itu, ada banyak ujung saraf Anda yang terhubung dengan kulit sehingga jika sistem saraf pusat Anda membaca adanya gangguan karena stres, kulit Anda juga akan bereaksi. Kondisi ini juga bisa membuat kulit Anda lebih sulit disembuhkan jika sedang mengalami masalah atau penyakit kulit tertentu. Masalahnya, terkadang bahkan Anda sendiri tidak menyadari bahwa Anda sedang dilanda stres atau sedang banyak pikiran. Maka saat Anda mengalami gatal yang muncul tiba-tiba, Anda merasa bahwa penyebabnya tidak jelas.

Berbagai jenis gatal karena stres

Gatal karena stres bisa muncul dengan gejala yang berbeda-beda pada setiap orang. Berikut adalah berbagai jenis gatal yang mungkin Anda alami saat dilanda stres.

1. Biduran

Biduran biasanya muncul akibat reaksi sistem kekebalan tubuh Anda terhadap alergen (penyebab alergi). Karena kulit Anda adalah mekanisme pertahanan tubuh yang paling luar, di situlah sistem kekebalan tubuh akan merangsang produksi sel darah putih. Sel darah putih kemudian akan melawan bakteri, virus, atau alergen sehingga muncul biduran. Saat Anda stres, otak mengirim sinyal pada sistem kekebalan tubuh bahwa ada ancaman yang harus dihadapi. Maka, sel darah putih Anda akan langsung bereaksi untuk mengusir ancaman tersebut. Jika Anda memang rentan mengalami biduran, stres akan semakin memicu kondisi tersebut.

2. Biang keringat

Stres biasanya diikuti dengan gejala lain seperti produksi keringat berlebih. Namun, jika Anda berada di lingkungan yang panas, lembap, atau sirkulasi udaranya tidak lancar, keringat justru akan terperangkap di dalam lapisan kulit dan tidak bisa menguap. Hal ini akan kemudian menimbulkan biang keringat di kulit yang terasa gatal. Biang keringat tidak membahayakan, tetapi sampai benar-benar hilang dari permukaan kulit biasanya Anda membutuhkan waktu setidaknya dua minggu.

3. Penyakit kulit

Anda yang punya penyakit kulit tertentu harus lebih berhati-hati terhadap tekanan psikologis. Pasalnya, stres bisa memicu kumatnya penyakit kulit tertentu seperti eksim, herpes, dan psoriasis. Penyakit-penyakit tersebut bisa menyebabkan rasa gatal yang sangat mengganggu. Ini karena saat Anda stres, tubuh akan memproduksi hormon-hormon yang bisa memicu penyakit kulit yang Anda derita.

4. Gatal psikogenik

Jenis gatal yang satu ini cukup unik karena kondisi ini dipicu oleh sugesti dari pikiran Anda sendiri. Kondisi ini jarang ditemui. Namun, jika Anda memiliki kondisi kejiwaan tertentu seperti depresi, gangguan kecemasan, atau gangguan obsesif kompulsif (OCD), stres sedikit saja sudah bisa memicu keinginan untuk menggaruk kulit yang terasa gatal. Biasanya gatal psikogenik hanya akan muncul pada anggota tubuh yang mudah dijangkau seperti lengan, wajah, bahu, perut, atau paha bagian belakang.   

Meredakan kulit gatal karena stres

Cara terbaik untuk mengatasi gatal karena stres adalah menemukan dan menghadapi sumber stres. Saat stres berkurang, gatal-gatal yang Anda rasakan pun akan berangsur-angsur hilang. Maka, penting bagi Anda untuk meluangkan waktu bagi diri sendiri guna mengusir stres. Anda bisa melakukan relaksasi dengan minyak esensial, berolahraga, berlibur, atau langsung menyelesaikan sumber masalah penyebab stres.

Anda juga bisa meredakan kulit gatal dengan bahan-bahan alami seperti getah lidah buaya atau kompres dingin. Hindari mandi dengan air panas karena bisa membuat kulit jadi semakin kering dan gatal. Kalau gatal yang Anda rasakan sudah terlalu mengganggu dan tak tertahankan, Anda bisa membeli obat bebas pereda gatal berupa salep, krim, atau pil. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan tenaga kesehatan sebelum mengonsumsi obat-obatan pereda gatal.

BACA JUGA:

Gallery Badan Gatal Gatal Bentol Tanpa Sebab

Penyebab Seluruh Tubuh Gatal Dan Bentol Cinta Herbal Denature

Inilah 7 Tanda Keberadaan Kutu Kasur Pada Tempat Tidur Di

Cara Menghilangkan Bentol Merah Dan Gatal Pada Kulit

6 Penyebab Telapak Kaki Gatal Obat Paling Ampuh Dokter Sehat

Masalah Alergi Kulit Gatal Dan Membengkak Republika Online

Air Hujan Bisa Sebabkan Alergi Kenali Gejalanya Mulai

Jenis Obat Gatal Pada Buah Zakar Untuk Pria Yang Ampuh

Solusi Badan Gatal Gatal Bentol Tanpa Sebab

Memahami Penyebab Kulit Gatal Mengapa Terjadi

Segera Kunjungi Dokter Setiap Saat Kulit Anda Timbul Bentol

Sering Merasa Gatal Tanpa Sebab Waspadai Gejala Penyakit

Minyak Anti Gatal Kulit Paha Dan Celah Kaki Pnext Biz

Dari Alergi Hingga Kanker 6 Penyebab Kulit Gatal Tiba Tiba

Alergi Dingin Sebabkan Kulit Gatal Dan Bentol Ini Cara

Obat Badan Gatal Gatal Bentol Tanpa Sebab Id Medium

Ketahui Penyebab Gatal Pada Telapak Tangan Dan Cara

Solusi Badan Gatal Gatal Bentol Tanpa Sebab Youtube

Ketahui Obat Gatal Gatal Seluruh Badan Di Sini Alodokter

Konsultasi Dan Pemesanan Whatsapp Telp 0859 1484 57508 Sms

Gatal Pasca Beraktivitas Di Sawah Kompasiana Com

Sering Gatal Tanpa Sebab Bisa Jadi 5 Tanda Penyakit

Pin Oleh Obat Herbal Di Badan Gatal Gatal Bentol Tanpa Sebab


Comments