Dampak Perang Dunia 2



Latar Belakang Dan Akibat Perang Dunia 2 Di Berbagai Bidang

7 Dampak Positif Perang Dunia II

Posted by Unknown

» Monday, 19 May 2014

Perang selalu meninggalkan cerita kelam dan trauma yang dalam. Perang adalah perantara kekejaman yang besar bagi pribadi atau pun masyarakat. Perang adalah malapetaka sosial yang menimbulkan kepedihan besar dan menorehkan luka yang dalam kepada manusia, yang memerlukan waktu lama agar bisa disembuhkan.
Tetapi dari semua kejadian yang terjadi di dunia ini selalu ada hikmah yang positif bagi peradaban manusia walaupun untuk mendapatkannya diperlukan pengorbanan yang sangat besar tentunya. Berikut adalah 7 dampak positifMelahirkan PBB
Dampak positif yang paling kentara dari Perang Dunia II adalah pembentukan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Setelah Perang Dunia I, Sekutu telah menciptakan Liga Bangsa-Bangsa (LoF), yang tujuannya adalah untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di Eropa. Ini adalah organisasi global pertama dalam sejarah, tetapi memiliki beberapa masalah, yang menyebabkan Perang Dunia II. Ketika mereka menciptakan PBB pada tanggal 24 Oktober 1945, Sekutu memastikan untuk meningkatkan PBB, terutama dengan memisahkan kekuasaan di antara lima negara besar (Inggris, Perancis, Amerika Serikat, Cina, dan Uni Soviet) bukan hanya dua atau tiga ,seperti dalam Liga Bangsa-Bangsa.

2. Kesempatan Merdeka untuk Negara-negara Terjajah

Hikmah lain dari Perang Dunia II adalah memberikan kesempatan kepada-negara terjajah untuk merdeka, terutama di kawasan Asia seperti Indonesia, India, Pakistan , Sri Lanka Filipina dan banyak lagi di kawasan Afrika. Banyak dari negara ini yang berhasil memanfaatkannya untuk memerdekakan diri dari penjajahan. Indonesia, misalnya, memproklamasikan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945, beberapa hari setelah Jepang, salah satu negara yang terlibat dalam Perang Dunia II dilumpuhkan oleh Amerika Serikat dengan mengebom kota pentingnya, Hiroshima dan Nagasaki.

3. Menambah Lapangan Kerja

Sebelum Perang Dunia II dimulai, sebagian besar dunia mengalami Depresi Besar, tetapi perang membawa lapangan kerja dan mengangkat ekonomi kembali normal. Setelah perang, teknologi mengalami dorongan besar. Banyak teknologi yang digunakan selama masa perang ditemukan nilai komersial setelah perang dan menaikkan standar hidup. Produksi mobil, pesawat terbang, radio dan bahkan bahan kimia tertentu melejit. Kelebihan produksi massal dan penggunaan mesin untuk melakukan tugas mantan tenaga kerja manusia, bersama dengan pelaksanaan hari kerja delapan jam,merangsang perekonomian, terutama di Amerika Serikat. 4. Melambungkan Peran Wanita Perang itu juga menghasilkan kemenangan besar bagi pendukung hak-hak perempuan. Karena para lelaki sudah ‘tereksploitasi’ di bidang militer, maka terjadilah kekosongan di pabrik-pabrik, kantor, dan peternakan. Kekosongan inilah yang selanjutnya diisi oleh perempuan di mana banyak dari mereka yang belum pernah bekerja sebelumnya. Sementara perang berlangsung, para wanita mengembangkan rasa percaya diri dan memperoleh rasa yang kuat untuk kemerdekaan. Setelah perang usai, wanita menolak untuk melepaskan pekerjaan mereka, banyak dari mereka menikmati dalam mencari nafkah mereka sendiri dan tidak harus bergantung pada suami mereka atau saudara-saudara atau anak.

5. Colombo Plan

Efect dari Perang Dunia II juga adalah terbentuknya Colombo plan yang di sponsori Inggris. Colombo Plan ( bahasa Indonesia: "Program Colombo") adalah organisasi regional yang mencakup konsep upaya kolektif antar-pemerintah untuk memperkuat pembangunan ekonomi dan sosial negara-negara anggotanya di wilayah Asia-Pasifik. Fokus utama dari semua kegiatan Colombo Plan adalah pada pengembangan sumber daya manusia.

6. Point Four Truman

Peta perekonomian pasca perang Dunia II memang luluh lantak,dan efek itu sangat terasa sampai Asia Tenggara. Sehingga negara-negara kuat pada saat itu banyak membuat program untuk pemulihan terutama di kawasan asia Point Four Truman diarahkan untuk bantuan bagi negara-negara yang masih terbelakang, terutama di Asia.

7. Makanan Kaleng

Selama perang, makanan disiapkan dan dimakan secara lokal. Gail Borden, mematenkan susu kental pada 1854 dan ketika perang dimulai dia menjual kopi Angkatan Laut yang terkondensasi sari. Pada 1862, puluhan ribu tentara sudah mulai makan makanan kalengannya, biskuit daging, kopi kental dan susu kental. Pengusaha seperti Van Camp,Armour dan Swift memberikan nama pada kacang kalengan tunggal dan daging.Ketersediaan baru dari makanan kaleng membuat tentara serasa di rumah.

ADS HERE !!!

Gallery Dampak Perang Dunia 2

Bagaimana Dampak D Day Bagi Jerman Pada Perang Dunia Ii

Penyebab Perang Dunia 2 Sejarah Sebab Umum Khusus Terlengkap

Ananda Achmadi C P Perang Dunia 2

Dampak Perang Dunia Ii Terhadap Lembaga Dunia Rr Anisa Khaura Dan Muh Bintang Akbar

Dampak Perang Dunia Archives Berita Dunia Internasional

Latar Belakang Perang Dunia 1 Penyebab Jalan Akhir Dampak

Perang Dunia I Dan Ii

Akibat Perang Dunia Ke 2

Dampak Perang Dunia Ii Terhadap Dunia Internasional

Perang Dingin Pengertian Latar Belakang Penyebab Dan Dampak

Sejarah Dampak Atau Akibat Akibat Perang Dunia Kedua

Bila World War Iii Meletus Ini Dampak Paling Ngeri Buat Ri

Perangdunia Hashtag On Instagram Photos And Videos Png Wiki

Siapakah Pemain Utama Perang Dunia Ii Mengenal Sejarah Dan

10 Penemuan Akibat Perang Dunia Ii Juru Kunci

Akibat Perang Dunia Ii Bagi Dunia Pembahasan Lengkap

Foto Mengenang 100 Tahun Berakhirnya Perang Dunia I

Perang Dunia Ii Di Eropa The Holocaust Encyclopedia

Perang Dunia Ii Sebab Umum Ppt Download

Apa Saja Dampak Perang Dingin Yang Terjadi Selama Lebih Dari


Comments