Latar Belakang Terbentuknya Asean



Tujuan Afta Pengertian Sejarah Latar Belakang Tujuan

Latar Belakang dan Tujuan dibentuknya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)

Sunday, July 29, 2018 Edit
Masyarakat Ekonomi ASEAN atau yang biasa disingkat menjadi MEA secara singkatnya bisa diartikan sebagai bentuk integrasi ekonomi ASEAN yang artinya semua negara-negara  yang berada dikawasan Asia Tenggara (ASEAN) menerapkan sistem perdagangan bebas. 
Kurang lebih dua dekade di Kota Kuala Lumpur, Malaysia disepakati adanya ASEAN Vision 2020 yang intinya menitikberatkan  pada pembentukan  kawasan ASEAN  yang stabil, makmur, dan kompetitif dengan pertumbuhan ekomoni yang adil dan merata serta dapat mengurangi kemiskinan dan kesenjangan sosial. 
Pada bulan Oktober 2003 ketika KTT ASEAN di Bali, Indonesia menyatakan bahwa Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) menjadi tujuan dari integrasi ekonomi regional dikawasan Asia Tenggara yang akan diberlakukan pada tahun 2020. Namun demikian nyatanya kita mengetahui bahwa tahun 2015 ini merupakan awal tahun diberlakukannya MEA. Hal tersebut sesuai dengan Deklarasi Cebu yang merupakan salah satu hasil dari KTT ASEAN yang ke-12 pada Januari 2007.
Pada KTT tersebut para pemimpin ASEAN besepakat untuk mengubah ASEAN menjadi daerah dengan perdagangan bebas baik barang maupunjasa, investasi, tenaga kerja profesional, dan aliran modal (dana).
ASEAN Economic Community yang dibentuk dengan misi menjadikan perekonomian di ASEAN menjadi lebih baik serta mampu bersaing dengan negara-negara yang perekonomiannya lebih maju dibandingkan dengan kondisi  Negara ASEAN  saat ini. Selain itu dengan  terwujudnya ASEAN Community,  dapat  menjadikan  posisi ASEAN  menjadi  lebih  strategis  di kancah Internasional, sehingga terjadi suatu dialog antar sektor yang dimana nantinya juga saling melengkapi diantara para stakeholder sektor ekonomi di Negara-negara ASEAN. 
Tujuan utama MEA 2015 yang ingin menghilangkan secara signifikan hambatan-hambatan kegiatan ekonomi lintas kawasan tersebut, diimplementasikan melalui 4 pilar utama, yaitu :
1)   MEA pun akan dijadikan sebagai kawasan yang memiliki perkembangan ekonomi yang merata, dengan memprioritaskan pada Usaha Kecil Menengah (UKM). Kemampuan daya saing dan dinamisme UKM akan ditingkatkan dengan memfasilitasi akses mereka terhadap informasi terkini, kondisi pasar, pengembangan sumber daya manusia dalam hal peningkatan kemampuan, keuangan, serta teknologi.
2)   MEA akan dibentuk sebagai kawasan ekonomi dengan tingkat kompetisi yang tinggi, yang memerlukan suatu kebijakan yang meliputi competition policy, consumer protection, Intellectual Property Rights (IPR), taxation, dan  E-Commerce. Dengan demikian, dapat  tercipta  iklim  persaingan  yang adil;  terdapat perlindungan berupa sistem jaringan dari agen-agen perlindungan konsumen; mencegah terjadinya pelanggaran hak cipta; menciptakan jaringan transportasi yang efisien, aman, dan terintegrasi; menghilangkan sistem Double Taxation, dan; meningkatkan perdagangan dengan media elektronik berbasis online.
3)   MEA sebagai  pasar  tunggal  dan  basis  produksi  internasional  (single market and international production base) dengan elemen aliran bebas barang, jasa, investasi, tenaga kerja terdidik dan aliran modal yang lebih bebas
4)   MEA akan diintegrasikan secara penuh terhadap perekonomian global. Dengan dengan membangun sebuah sistem untuk meningkatkan koordinasi terhadap negara-negara anggota. Selain itu, akan ditingkatkan partisipasi negara-negara di kawasan Asia Tenggara pada jaringan pasokan global melalui pengembangkan paket bantuan teknis kepada negara-negara Anggota ASEAN yang kurang berkembang. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kemampuan industri dan produktivitas sehingga tidak hanya terjadi peningkatkan partisipasi mereka pada skala regional namun juga memunculkan inisiatif untuk terintegrasi secara global.

Gallery Latar Belakang Terbentuknya Asean

Sejarah Berdirinya Asean

Asean

Latar Belakang Berdirinya Asean Dan Pembahasan Lengkap

Asean Sejarah Tujuan Dan Latar Belakang Berdirinya

Makalah Asean

Sejarah Berdirinya Asean

Latar Belakang Berdirinya Asean Dan Pembahasan Lengkap

Materi Lengkap Sejarah Dan Latar Belakang Berdirinya Asean

4 Latar Belakang Asean Dibentuk Negara Anggota Dan

Sejarah Lengkap Bergabungnya Negara Negara Asean

Pengertian Afta Anggota Latar Belakang Dan Tujuannya

Latar Belakang Berdirinya Asean Dan Permulaannya Muamala Net

Latar Belakang Berdirinya Asean Secara Singkat Lengkap

Ppt Pembelajaran Pkn Bab Iii Powerpoint Presentation

Pengertian Asean Latar Belakang Organisasi Tujuan Perannya

Latar Belakang Berdirinya Asean Docx

Asean

Ppt Pembelajaran Pkn Bab Iii Powerpoint Presentation

Sejarah Berdirinya Asean Alasan Diperingati Setiap 8

Latar Belakang Terbentuknya Asean

Infografis Sejarah Terbentuknya Asean Mts Negeri 6 Pasuruan

Kepanjangan Asean Pengertian Sejarah Anggota Tujuan Dan

Pkn Soal

Sejarah Terbentuknya Asean Youtube

Bab I Pendahuluan


Comments