How To Turn Scroll Lock On Or Off In Excel Windows Mac
Rumus Excel Lengkap Kumpulan Fungsi Beserta Contohnya
RUMUS EXCEL – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas materi tentang kumpulan rumus fungsi excel lengkap beserta contohnya dan fungsinya untuk di dunia kerja, kita akan jabarkan secara detail mulai dari pengertian, langkah – langkah, kode perintah, dan materi dari excel beserta pembahasannya.
Pengertian Microsoft Excel
Microsoft Excel yaitu sebuah aplikasi spreadsheet yang telah dikembangkan oleh Microsoft untuk sistem operasi Microsoft Windows, Mac OS X, dan iOS. Di dalam Microsoft Excel terdapat banyak berbagai macam fitur yang bisa digunakan seperti grafik, kalkulasi, tabel dan lainnya.
Yang menarik lagi dari Microsoft Excel ialah banyaknya fungsi – fungsi dan rumus – rumus yang dapat membantu menyelesaikan pekerjaan atau tugas dengan cepat.
Di dalam Microsoft Excel juga memiliki bnyak rumus dan fungsi, mulai dari yang pertama yaitu : average/ mencari rata rata di excel , pengurangan, sum, vlookup, if, hingga banyak lagi mencari persen di excel.
Program Microsoft Excel sering juga disebut dengan spreadsheet (lembar kerja elektronik) yang beroperasi di bawah sistem operasi windows.
Perhatian : Sebelum anda memulai memperaktekan rumus excel dibawah ini, pastikan anda mengetahui terlebih dahulu tanda silicon (operator perhitungan) pada excel kalian masing-masing.Terdapat 2 tanda operator pada excel yaitu :
- Tanda Koma (,)
- Tanda Titik Koma (;)
Untuk mengetahuinya, anda bisa melakukan beberapa rumus contoh untuk melihat tanda silicon excel anda, Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini :
Catatan :
- Tanda silicon (operator perhitungan) pada excel saya adalah tanda koma (,)
- Maka untuk selanjutnya kita harus menggunakan tanda tersebut disetiap ingin melakukan perhitungan
Ok kalau sudah paham, maka simaklah beberapa rumus excel yang penting untuk anda gunakan didunia kerja, berikut detailnya :
Rumus Excel
Rumus – rumus excel memiliki banyak berbagai macam, khusus untuk pembahasan kali ini akan dibahas rumus excel untuk dunia kerja diantaranya adalah :
RUMUS EXCEL UNTUK DUNIA KERJA | |
RUMUS | KETERANGAN |
SUM | Menjumlahkan |
AVERAGE | Mencari Nilai Rata-Rata |
AND | Mencari Nilai dengan Perbandingan Dan |
NOT | Mencari Nilai Dengan Pengecualian |
OR | Mencari Nilai dengan Perbandingan Atau |
SINGLE IF | Mencari Nilai Jika Kondisi BENAR/SALAH |
MULTI IF | Mencari Nilai Jika Kondisi BENAR/SALAH Dengan Banyak Perbandingan |
AREAS | Menampilkan Jumlah Area (range atau sel) |
CHOOSE | Menampilkan Hasil Pilihan Berdasarkan Nomor Indeks |
HLOOKUP | Mencari Data dari sebuah tabel yang disusun dalam format mendatar |
VLOOKUP | Mencari Data dari sebuah tabel yang disusun dalam format tegak |
MATCH | Menampilkan posisi suatu alamat sel yang di tetapkan |
COUNTIF | Menghitung Jumlah Cell dalam Suatu Range dengan kriteria tertentu |
COUNTA | Menghitung Jumlah Cell Yang Terisi |
DAY | Mencari Nilai Hari |
MONTH | Mencari Nilai Bulan |
YEAR | Mencari Nilai Tahun |
DATE | Mendapatkan Nilai Tanggal |
LOWER | Merubah Huruf Teks Menjadi Huruf Kecil |
UPPER | Merubah Huruf Teks Menjadi Huruf Besar |
PROPER | Merubah Karakter Awal Teks Menjadi Huruf Besar |
Untuk lebih jelasnya tentang praktek rumus fungsi excel diatas, maka simaklah penjelasan dibawah ini beserta contoh dan langkah demi langkah secara lengkap.
1. SUM
Rumus SUM ini terdapat fungsi yang utama adalah untuk mencari penjumlahan atau menjumlahkan, rumus SUM ini juga sering digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas dengan cepat.
- Pertama, buatlah tabel penjumlahan dan masukkan rumus sum berikut ini. Misal : =SUM(D2:E2)
- Kedua, jika sudah dimasukkan rumus SUM tersebut kemudian tekan enter dan akan mengetahui jumlahnya.
2. AVERAGE
Rumus AVERAGE ini terdapat fungsi yang utama adalah untuk mencari nilai rata – rata suatu variabel.
- Pertama, buatlah suatu tabel untuk nilai – nilai siswa dan setelah itu masukkan rumus AVERAGE untuk mengetahui nilai rata – rata siswa. Misal : =AVERAGE(D2:F2)
- Kedua, jika sudah dimasukkan rumus AVERAGE tersebut kemudian tekan enter dan akan mengetahui hasilnya.
3. AND
Rumus AND ini terdapat fungsi yang utama adalah Menghasilkan nilai TRUE jika semua argumen yang di uji tersebut bernilai BENAR dan FALSE jika semua atau salah satu argumen bernilai SALAH.
- Pertama, buatlah tabel dan masukkan rumus AND untuk mengetahui TRUE atau FALSE. Misal : =AND(D2>G2)
- Kedua, jika rumus AND tersebut sudah dimasukkan kemudian tekan enter dan akan diketahui hasilnya TRUE atau FALSE.
4. NOT
Rumus NOT ini terdapat fungsi yang utama adalah kebalikan dari rumus AND yaitu menghasilkan TRUE jika kondisi yang diuji SALAH dan FALSE jika yang diuji BENAR.
- Pertama, buatlah tabel dan masukkan rumus NOT untuk mengetahui hasilnya. Misal : =NOT(
- Kedua, jika rumus NOT tersebut sudah dimasukkan kemudian tekan enter dan akan diketahui hasilnya.
5. OR
Fungsi akan Menghasilkan TRUE jika beberapa argumen bernilai BENAR dan FALSE jika semua argumen SALAH
6. SINGLE IF
Fungsi IF akan mengembalikan sebuah nilai jika kondisi yang dicek BENAR/SALAH dan mengembalikan sebuah nilai lainnya jika kondisi yang dicek SALAH/FALSE. Fungsi IF adalah salah satu rumus excel yang paling sering digunakan.
7. MULTI IF
Fungsi hampir sama dengan fungsi IF akan tetapi di ambil dari dua kondisi atau bisa ditumpuk beberapa perintah.
- Contoh penulisan Rumus Multi IF
- Hasil penulisan Rumus Multi IF
8. AREAS
Fungsinya adalah Menampilkan jumlah area (range atau sel) dalam suatu referensi (alamat sel atau range yang di sebutkan). Contoh kasus seperti berikut
9. CHOOSE
Fungsi CHOOSE adalah Menampilkan hasil pilihan berdasarkan nomor indeks atau urutan pada suatu referensi (VALUE) yang berisi data teks, numeric, formula atau nama range.
10. HLOOKUP
Fungsi HLOOKUP Menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format mendatar. syaratnya penyusunan tabel ; data pada baris pertama harus berdasarkan urutan dari kecil ke besar /menaik.
Misalkan ; 1,2,3,4… ataupun huruf A-Z. Jika sebelumnya mengetikkan secara acak silhakan urutkan dengan menu Ascending. Contoh kasusnya seperti dibawah ini.
11. VLOOKUP
Fungsi VLOOKUP ialah menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format tegak atau vertikal. syaratnya penyusunan tabel data pada baris pertama harus berdasarkan urutan dari kecil ke besar /menaik. misal ; 1,2,3,4… atau huruf A-Z. Jika anda sebelumnya mengetik secara acak silhakan urutkan dengan menu Ascending. Contoh kasusnya sebagai berikut :
12. MATCH
Fungsi MATCH adalah menampilkan posisi suatu alamat sel yang di tetapkan sebelumnya yang terdapat dalam sekelompok data. Contoh kasusnya sebagai berikut :
13. COUNTIF
Fungsinya COUNTIF adalah untuk menghitung jumlah cell dalam suatu range dengan kriteria tertentu. Adapun rumus yang biasa digunakan adalah =COUNTIF(range;kriteria).
14. COUNTA
Fungsi COUNTA adalah untuk jumlah cell yang terisi, Misal dalam sebuah table terdapat 12 kolom dan kita ingin mengetahui berapa kolom atau cell yang sudah terisi. Contohnya
15. Rumus DAY
Fungsi DAY adalah digunakan untuk mencari hari (dalam angka 1-31) dari data type DATE. Contohnya fungsi DAY (kolom B). data type DATE dikolom A diekstrak menghasilkan angka 1-31 seperti gambar dibawah ini.
16. Rumus MONTH
Fungsi MONTH adalah digunakan untuk mencari bulan (dalam angka 1-12) dari data type DATE. Contohnya penggunaan fungsi MONTH (kolom C) data type DATE kolom A diekstrak menghasilkan angka 1-12 seperti pada gambar dibawah ini.
17. Rumus YEAR
Fungsi YEAR adalah digunakan untuk mencari tahun (dalam angka 1900-9999) dari data type DATE. Contohnya fungsi YEAR (kolom D) data type DATE dikolom A diekstrak menghasilkan angka 1900-9999 seperti pada gambar dibawah ini.
18. Rumus DATE
Fungsi DATE adalah digunakan untuk mendapatkan type data DATE dengan memasukan angka tahun, bulan dan hari. Fungsi DATE kebalikan dari fungsi DAY, MONTH, dan YEAR yang melakukan ekstraksi bulan dan tahun dari data type DATE.
Contohnya fungsi DATE (kolom D) data year, month dan day dalam bentuk angka digabungkan dengan fungsi DATE menghasilkan data dengan type DATE seperti pada gambar dibawah ini.
- Contoh karakteristik fungsi DATE dihitung dari tanggal berapakan 4 tahun, 3 bulan, 12 hari setelah tanggal 3 februari 1977? hasilnya adalah 15 mei 1981
19. Rumus LOWER
Fungsi LOWER adalah digunakan untuk mengubah semuah text yang berisikan huruf besar menjadi huruf kecil semuah. Contoh LOWER(text)
20. Rumus UPPER
Fungsi UPPER adalah digunakan untuk mengubah semuah text yang berisikan hufuf kecil menjadi huruf besar semuah kebalikan dari fungsi LOWER. Contoh UPPER(text)
21. Rumus PROPER
Fungsi PROPER adalah digunakan untuk mengubah karakter pertama semuah kata menjadi huruf besar dan sisahnya huruf kecil. Contoh PROPER(text)
Demikianlah tadi pembahasan lengkap mengenai rumus excel yang sering digunakan untuk dunia kerja beserta contohnya, Semoga bermanfaat…
Baca Rumus Excel Lainnya : Rumus Terbilang di Excel
Gallery Fungsi If Di Excel
Pengertian Dan Cara Membuat Pivottable Di Excel
Vba Or Function Examples How To Use Or Logical Operator
If Statement Between Two Numbers How To Calculate Step By Step
How To Start Using Countif Sumif And Averageif In Excel
Rumus If Gabungan Fungsi If And If Or Excel Kelas Excel
What If Analysis In Excel Easy Excel Tutorial
Contoh Microsoft Excel Togo Wpart Co
Menggunakan Fungsi If Or Dan Weekday Untuk Menentukan
The If Function In Power Querythe Excelguru Blog
Fungsi If Pada Excel Swanstatistics
Bagaimana Cara Menggunakan Fungsi If Dan Vlookup Secara
Count The Number Of Cells With Specific Cell Color By Using
Rumus If Excel Contoh Cara Menggunakan Fungsi If Excel
Belajar Rumus If Excel Untuk Pemula Dan Contohnya Lengkap
How To Implement A Like Operator In Excel
Menggunakan Fungsi If Di Microsoft Excel
Cara Menggunakan Rumus Vlookup Dan Hlookup Pada Ms Excel
Excel Shortcut Keys For Merge And Center Excel Tips
Logical Operators And Nested Ifs In Power Bi Power Query
Cara Menggunakan Rumus If Excel Fungsi If Tutorial Komputer
How To Count Unique And Distinct Values In Excel Excelchat
Django Excel Let You Focus On Data Instead Of File
Cara Membuat Rumus Logika Lulus Dan Tidak Lulus Di Excel
Distinct Count In Excel A4 Accounting
How To Use The Excel Rept Function Exceljet
Rumus If Dalam Excel Cara Penggunaan Dan Contohnya
Comments
Post a Comment