Bagaimana Ciri Ciri Pasar Persaingan Sempurna
Bentuk-Bentuk Kurva Pasar
Menurut pengertian umum, pasar adalah tempat bertemunya permintaan dan penawaran barang/jasa. Pada dasarnya, pasar dapat digolongkan menurut unsur-unsur yang terdapat dalam pasar, barang yang diperjualbelikan, waktu terjadinya, luas wilayah, dan strukturnya. Pada pembelanjaan kali ini akan dibahas pasar menurut strukturnya. Dipandang dari dari organisasi pasar atau strukturnya, bentuk pasar dibedakan menjadi dua macam.
1. Pasar Persaingan Sempurna (Perfect Competition Market) Pasar persaingan sempurna adalah pasar yang terdapat mobilitas sempurna dari sumber daya serta adanya pengetahuan yang sempurna baik pembeli maupun penjual, sehingga kekuatan permintaan dan penawaran dapat bergerak bebas. Contoh pasar persaingan sempurna antara lain bursa efek atau pasar modal atau pasar uang.
a. Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna Adapun ciri-ciri pasar persaingan sempurna adalah sebagai berikut.
- Jumlah pembeli dan penjual sangat banyak.
- Barang yang diperdagangkan bersifat homogen.
- Terdapat kebebasan keluar masuk pasar (free entry dan free exit), baik bagi pembeli maupun penjual.
- Tidak ada hambatan dalam mobilitas sumber ekonomi dari satu usaha ke usaha lain.
- Kurva permintaan yang dihadapi seorang produsen adalah garis lurus horizontal, artinya harga cenderung stabil walaupun jumlah barang yang terjual mengalami perubahan.
- Penjual dan pembeli memahami keadaan pasar secara sempurna.
- Pembeli dan penjual bebas mengadakan perjanjian, tanpa ada campur yangan pemerintah.
- Pemerintah tidak ikut campur tangan tentang harga, baik langsung maupun tidak langsung.
Sebagai implikasi dari ciri-ciri tersebut, maka seorang produsen tidak dapat mengubah harga pasar yang berlaku. Seorang produsen hanya sebagai pengambil harga (price taker). Dan dalam jangka pendek hal penting yang harus diperhatikan oleh produsen yang berada pada pasar persaingan sempurna adalah menentukan jumlah produksi yang dapat mendatangkan keuntungan maksimum. Hal tersebut dapat tercapai jika pendapatan marjinal (MR) sama dengan biaya marjinal (MC) dan juga sama dengan harga outputnya.
Bursa efek termasuk dalam pasar persaingan sempurna. |
Dalam jangka panjang, perusahaan-perusahaan akan menambah skala produksinya dan tidak menutup kemungkinan adanya perusahaan-perusahaan baru yang masuk dalam industri jika ada keuntungan lebih (harga jual atau P di atas biaya ratarata atau AC). Akibatnya penawaran output di pasar akan bertambah dan mendorong harga turun sampai pada posisi di mana harga jual sama dengan biaya produksi. Akhirnya keuntungan menjadi normal, dan hal ini akan merangsang adanya perluasan kapasitas produksi maupun pendirian pabrik baru. Keadaan tersebut dinamakan ekuilibrium jangka panjang (harga jual atau P sama dengan biaya rata-rata atau AC minimum).
b. Pembentukan Harga Pada pasar persaingan sempurna harga pasar cenderung stabil, sehingga bentuk kurva permintaan dan penawaran pada pasar sempurna berupa garis lurus mendatar sejajar dengan sumbu jumlah barang (OQ). Berapa pun jumlah barang yang dibeli atau yang ditawarkan tidak akan menaikkan atau menurunkan harga barang. Dan kurva tersebut juga merupakan kurva pendapatan rata-rata atau AR (Average Revenue) dan pendapatan marginal atau MR (Marginal Revenue).
Kurva permintaan dan penawaran pada pasar persaingan sempurna. |
c. Grafik Keseimbangan Perusahaan Pada pasar persaingan sempurna, grafik keseimbangan dapat digambarkan dalam dua macam. Pertama, grafik keseimbangan pada perusahaan yang menghasilkan keuntungan maksimum dan grafik yang menggambarkan adanya kerugian minimum.
Untuk menggambarkan grafik keseimbangan perusahaan yang menghasilkan laba maksimum/keuntungan maksimum harus memperhatikan syarat-syarat berikut ini.
3) Kurva MC (Marginal Cost) selalu memotong kurva AC minimum yang menunjukkan bahwa produksi pada saat itu terjadi efisiensi produksi.
Grafik keseimbangan dengan keuntungan maksimal. |
- Kurva MC selalu memotong kurva AC minimum (pada titik yang terendah).
3) Kurva MC selalu memotong kurva AC minimum. Sebelum memotong AC, kurva AC memotong kurva MR dan saat itulah menunjukkan produksi menderita kerugian minimum.
Grafik keseimbangan dengan kerugian minimum. |
- Kerugian minimum sebesar = P1P2CA
6) Barang yang diproduksi dapat diperoleh dengan ongkos yang serendah-rendahnya.
3) Tidak ada barang subtitusi karena bersifat homogen.
2. Pasar Persaingan Tidak Sempurna (Imperfect Competition Market) Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar yang tidak terorganisasi secara sempurna, atau bentuk-bentuk dari pasar di mana salah satu ciri dari pasar persaingan sempurna tidak terpenuhi. Pasar persaingan tidak sempurna terdiri atas pasar monopoli, oligopoli, dan pasar persaingan monopolistik.
Pasar monopoli adalah suatu keadaan pasar di mana hanya ada satu kekuatan atau satu penjual yang dapat menguasai seluruh penawaran, sehingga tidak ada pihak lain yang menyainginya atau terdapat pure monopoly (monopoli murni). Contoh pasar monopoli antara lain perusahaan negara, dan perusahaan minyak bumi serta gas alam.
3) pemberian hak istimewa dari pemerintah (misalnya hak paten),
Salah satu bentuk bentuk pasar monopoli adalah SPBU. |
8) adanya keterbatasan pasar.
4) Penjual ini tidak memengaruhi harga serta output dari produk lain yang dijual dalam perekonomian.
Pada pasar monopoli keuntungan maksimum dapat digambarkan sebagai berikut.
Grafik keuntungan maksimum. |
- Keuntungan maksimum sebesar = P1P2BC.
3) Tidak akan mungkin timbul perusahaan-perusahaan yang kecil sehingga perusahaan monopoli akan semakin besar.
4) Adanya unsur eksploitasi terhadap konsumen dan pemilik faktor-faktor produksi.
Untuk mencegah timbulnya dampak negatif adanya monopoli, maka pemerintah harus ikut campur tangan, misalnya dalam hal penetapan harga maksimum dan penetapan Undang-Undang Antimonopoli atau UU yang mengatur ekspor impor.
Penjualan produksi perusahaan sepeda motor berada dalam pasar oligopoli. Sumber: Kompas, 24 Agustus 2006. |
Pasar oligopoli adalah suatu keadaan pasar di mana terdapat beberapa produsen atau penjual menguasai penawaran, baik secara independen (sendiri-sendiri) maupun secara diam-diam bekerja sama.
Contoh pasar oligopoli antara lain pasar bagi perusahaan industri motor, industri baja, industri rokok, dan industri sabun mandi. Ciri-ciri pasar oligopoli di antaranya sebagai berikut.
- Terdapat sedikit penjual (3 sampai dengan 10) yang menjual produk substitusi, artinya yang mempunyai kurva permintaan dengan elastisitas silang (cross elasticity of demand) yang tinggi.
- Terdapat rintangan untuk memasuki industri oligopoli. Hal ini karena perusahaan yang ada dalam pasar hanya sedikit.
- Keputusan harga yang diambil oleh suatu perusahaan harus dipertimbangkan oleh perusahaan yang lain dalam industri.
Berdasarkan ciri tersebut, maka seorang ahli ekonomi P. Sweezy memperkenalkan kurva permintaan patah (Kinked Demand). Menurutnya, kurva permintaan yang dihadapi oleh perusahaan oligopoli patah pada satu titik harga tertentu untuk mencerminkan perilaku produsen oligopoli.
Kurva permintaan patah (kinked demand). |
3) jika perusahaan menaikkan harga, maka perusahaan lainnya dalam industri tidak akan mengikutinya.
3) Lebih mampu menyediakan dana untuk pengembangan dan penelitian.
4) Terdapat kenaikan harga (inflasi) yang merugikan masyarakat secara makro.
Pasar persaingan monopolistik adalah pasar yang terjadi bila dalam suatu pasar terdapat banyak produsen, tetapi ada diferensiasi produk (perbedaan merk, bungkus, dan sebagainya) di antara produk-produk yang dihasilkan oleh masing-masing produsen.
Jadi, model pasar persaingan monopolistik pada dasarnya sama dengan model pasar persaingan sempurna, hanya saja dalam pasar monopolistik diperkenalkan adanya diferensiasi produk, sehingga produk yang dijual bersifat heterogen (beragam). Istilah diferensiasi produk di sini ditentukan secara riil dua barang yang tidak berbeda, namun dapat dianggap berbeda oleh konsumen. Pasar ini juga mengakui adanya kekuasaan monopoli tertentu yang timbul dari penggunaan merk dan tanda dagang yang berbeda. Oleh sebab itu, kurva permintaannya mempunyai kemiringan negatif. Contoh pasar persaingan monopolistik adalah rumah makan, tukang cukur, dan perusahaan angkutan.
3) Masing-masing monopolistik mempunyai keuntungan sendiri-sendiri karena memiliki pasar (konsumen) sendirisendiri.
3) Konsumen masih harus membayar harga produk yang lebih tinggi dari biaya produksi untuk menghasilkan produk tersebut, atau P lebih besar dari MC.
Untuk menambah wawasanmu tentang struktur pasar, dalam pembahasan kali ini juga akan dikemukakan pembagian struktur pasar menurut H. Von Stackelberg.
Struktur pasar menurut H. Von Stackelberg |
Gallery Kurva Pasar Persaingan Sempurna
Bentuk Bentuk Kurva Pasar Plengdut Com Learning Articles
Pasar Persaingan Sempurna Omnirender
Gambar 7 1 Kurva Permintaan Pasar Persaingan Sempurna Dan
Lengkap Pengertian Contoh Dan Ciri Pasar Monopolistik
Rangga S Blog Pasar Persaingan Sempurna
Pasar Persaingan Sempurna Ppt Download
Gambar 7 1 Kurva Permintaan Pasar Persaingan Sempurna Dan
Latihan Soal Pasar Persaingan Sempurna Bakul Soal
How To Explain The Profit Graphically On The Perfect
Belajar Memahami Kurva Chapter 5 Laba Dan Rugi Pada Pasar Persaingan Sempurna
Karakteristik Dan Analisa Pasar Persaingan Sempurna
Pasar Persaingan Sempurna Perfect Competition Blog Staff Ui
Grafik Pasar Docx 1 Pasar Persaingan Sempurna Kurva Laba
Makalah Pasar Persaingan Sempurna Z0x2zepvooqn
Gambar 7 12 Menunjukkan Bahwa Keseimbangan Untuk Pasar
Pengantar Teori Ekonomi Mikro Pptx Pengantar Teori Ekonomi
Doc Pasar Persaingan Sempurna Kristin Valentina Pasaribu
Slide Materi Perusahaan Dalam Pasar Kompetitif Pasar
Grafik Pasar Docx 1 Pasar Persaingan Sempurna Kurva Laba
Ppt Pasar Persaingan Sempurna Perfect Competition
Pasar Persaingan Sempurna Pdf Download Gratis
Comments
Post a Comment