Penyebab Laptop Mati Total



Penyebab Laptop Mati Tanpa Charger Tentang Laptop Mati Total

6 Penyebab Laptop Mati Total yang Harus Kamu Ketahui

FOLLOW detikInet  

Selasa, 29 Okt 2019 21:25 WIB

Sudiarto Putra - detikInet
Jakarta - Lagi kerjakan tugas kantor atau kampus tiba-tiba laptop mati total. Apa penyebab laptop mati total?Masalah kerusakan laptop yang sangat krusial adalah ketika menyalakan laptop sama sekali tidak merespons alias mati total. Tentunya ini akan menjadi masalah bagi si pemakai. Dalam artikel ini akan membahas permasalahan laptop yang mati total hingga memerlukan penanganan yang serius.Berikut penjelaan penyebab laptop yang mati total:

1. Permasalahan Pada Baterai

Jika sumber daya laptop dihasilkan dari baterai, kemungkinan baterai mengalami kehabisan daya. Tapi setelah menghubungkan laptop dengan adaptor listrik, masih tidak mau menyala.· Tunggu beberapa saat sampai baterai terisi beberapa persen sebelum menghidupkannya. Karena baterai yang habis total dayanya butuh beberapa waktu untuk mengisi ulang kembali daya baterai yang hilang.· Apabila sudah menunggu, laptop masih tidak mau menyala, coba lepas baterai dari laptop.· Jika setelah baterai dilepas, kemudian laptop berhasil menyala, berarti kerusakan terjadi pada baterai atau konektor baterainya.

2. Permasalahan Power Supply

Apabila lampu indikator mati, sedangkan adaptor dalam keadaan normal, periksa dahulu soket DC yang menancap pada laptop. Soket yang rusak menyebabkan listrik tidak stabil atau mengalir dengan benar ke dalam komponen laptop. Sehingga laptop tidak akan bisa menyala dengan benar.

Tegangan listrik yang tinggi sering terjadi, hal ini bisa menyebabkan kerusakan komponen power. Periksa tombol on/off power, lalu periksa juga ic power. Input dengan daya listrik yang berbeda juga dapat menyebabkan laptop tidak menyala, lepaskan charger, lalu tekan tombol power 30 detik hingga daya habis. Lalu pasang kembali charger laptop dan coba hudupkan kembali.

3. Permasalahan RAM

Jika lampu indikator hidup, kipas menyala, dan mesin masih berjalan dengan baik namun pada layar tidak ada tampilan apapun, kemungkinan besar penyebabnya adalah kerusakan RAM. Coba lepaskan RAM dan bersihkan pinnya dengan menggosokan pada penghapus pensil, lalu pasang kembali. Pasang dengan socket yang berbeda jika terdapat dua socket RAM pada mainboard laptop.

4. Permasalahan Pada Adaptor

Cek lampu indikator apakah menyala atau tidak. Jika tidak menyala, kemungkinan kerusakan karena adaptor. Periksa sambungan kabel adaptor karena sering terjadi kabel power bermasalah (putus sambungan) akibat pemakaian adaptor yang kurang hati-hati.Cara mudah untuk mengecek adaptor adalah dengan menggunakan adaptor lainnya yang sesuai dayanya untuk menghidupkan laptop Anda. Jika adaptor serta kabelnya normal maka permasalahan bisa disebabkan karena kerusakan komponen power.

5. Permasalahan Pada Processor

Processor merupakan komponen otak laptop dan komputer. Jadi ketika processor mengalami kerusakan, dia kehilangan kontrol dan tidak mampu memberikan perintah pada komponen lain untuk bekerja maksimal.Penyebab umum processor rusak karena overheating. Penyebab overheating ini sangat beragam mulai dari pasta processor yang kering, fan, dan heat sink processor yang kotor, hingga tidak seimbang antara processor dan RAM.

6. Masalah Pada Motherboard

Penyebab laptop mati total lainnya yakni Motherboard atau mainboard memiliki peran sebagai komponen induk yang menjadi tempat utama untuk menghubungkan komponen satu dengan komponen lain agar menjadi satu kesatuan. Kerusakan sering ditandai dengan adanya bunyi "bip..bip..bip..".

Motherboard termasuk komponen yang jarang mengalami kerusakan, namun harus tetap waspada. Apa saja penyebab-penyebab kerusakan yang akan timbul, antara lain:· Overheating pada komponen CPU· IC komponen terbakar· Suplai listrik tidak stabil· Overclocking pada komponen CPU· Virus (nwy/nwy)

Gallery Penyebab Laptop Mati Total

Penyebab Laptop Mati V Tiga Kursus Hp Dan Laptop

7 Penyebab Laptop Mati Total Yang Wajib Anda Ketahui

Penyebab Komputer Mati Total Dan Cara Mengatasi Nya

4 Penyebab Laptop Mati Sendiri Cara Mengatasinya

Memperbaiki Laptop Toshiba L510 Mati Total Seputar

Berhasil Memperbaiki Laptop Asus Mati Total Tidak Bisa Nyala

Cara Memperbaiki Laptop Asus Mati Total Lampu Indikator

Solusi Laptop Mati Total Tidak Mau Hidup Repair Laptop

Pusat Service Laptop Di Surabaya Penyebab Cara Mengatasi

6 Penyebab Laptop Mati Total Yang Harus Kamu Ketahui

Cara Service Lcd Led Tv Mati Total Panduan Teknisi

4 Penyebab Laptop Mati Sendiri Cara Mengatasinya

Laptop Heal Service Sparepart Laptop Jakarta Servis

Laptop Asus Mati Total Tegangan Drop Seputar Komputer Dan

Tutorial Service Laptop Dan Pc For Android Apk Download

Penyebab Laptop Mati Page 3 Of 4 V Tiga Kursus Hp Dan Laptop

Memperbaiki Power Supply Komputer Mati Total Ragilt Net

6 Cara Mengatasi Laptop Tiba Tiba Mati Total Tidak Bisa Nyala

8 Ciri Ciri Dan Penyebab Kerusakan Layar Monitor Lcd Led

Mainboardlaptop Hash Tags Deskgram


Comments